MEMBUAT PLAN USAHA BISNIS



 MEMBUAT PLAN USAHA BISNIS




KELOMPOK 2
MANAJEMEN6’2016
SUCI ANNISA PUTRI        (105721120216)
FAKHIRAH UMAR           (105721121116)
                                      NOVA APRILIA                   (105721122016)
                                      SAHRUL                               (105721122916)
                                      ADE NUR FAJRANI            (105721123816)



FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
PRODI MANAJEMEN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017/2018
 1. Deskripsi Perusahaan
     nama perusahaan yaitu Gazelle
Dalam planning bisnis ini kami bergerak didunia fasion, nama perusahaan kami gazelle dimana perusahaan kami memproduksi long skirts(rok panjang) dengan desain yang unik dan kekinian.
A.   Latar belakang
Yang melatar belakangi sehingga kami mendirikan perusahaan ini karna melihat pada masa sekarang tren fasion kalangan remaja maupun oang dewasa makin unik dan beragam,maka kami memanfaatkan keadaan ini dengan membuat sebuah usaha long skirts ( rok panjang) yang merupakan salah satu fasion feminime bagi wanita muslima baik anak muda maupun wanita dewasa,banyak wanita yang sadar akan penggunaan hijab membuat pertumbuan dan permintaan model rok panjang banyak diminati masyarakat.selain nyaman dan tidak pernah ketinggalan mode. model rok panjang mengangkat penampilan orang yang memakainya, mereka terlihat elegan dan cantik disetiap suasana karna modelnya yang simple dan cocok untuk digunakan baik acara formal maupun non formal, dengan model yang beragam mulai dari rok panjang jeans , rok panjang ciffon ,rok panjang dari kain satin sampai rok panjang dari batik mulai popular saat ini.
Maka dari itu kami merasa bahwa usaha rok panjang ini merupakan salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan karna dilihat dari perkembangan dan permintaan pasar rok panjang merupakan salah satu pakaian yang cukup digilai pada saat sekarang dengan model yang beraneka macam serta motif yang unik dan modis sehingga masyarakat cukup meminati rok panjang.
B.   Visi dan Misi
Visi
Menjadi bisnis rok panjang yang berkualitas dan menjadi pilihan setiap pelanggan, serta menjamin pelayanan terbaik dan memuaskan kepada pelanggan, menawarkan barang berkualitas, harga terjangkau  dan keamanan. Dan yang terpenting adalah kejujuran dan kesopanan dari server kami terhadap anda.
Misi
1.      Menjadi perusahaan yang disukai oleh kalangan masyarakat.
2.      Kejujuran adalah hal terpenting dan wajib kami jalankan terhadap setiap pelanggan.
3.      Terus mengalami perkembangan ke arah yang menguntungkan serta mengembangkan sistem produksi ke arah yang lebih baik lagi lewat inovasi dan kualitas kerja kami.

C.   Ruang lingkup usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha pemula, tapi usaha ini sangat menjanjikan karena GAZELLE mempunyai rok berbagai jenis dan motif yang unik dan trendi. Sehingga rok ini memiliki peranan yang cukup penting dalam model fasion. rok sendiri merupakan daftar pencarian bagi kaum hawa,rok memiliki daya tarik dan kemodisan seseorang dalam berbusana disemua kalangan hawa.

D.   Tujuan Usaha

Adapun tujuan usaha kami :

1.   Menerapkan kemampuan berwirausaha
2.   Agar usaha dikenal dan diminati orang lain
3.   Memunculkan bakat untuk berbisnis
4.   Mendapat keuntungan.






E.   Struktur organisasi
Usaha ini dijalankan bersama team gazelle, sbagai berikut
1.                  ketua                         :  suci nur annisa putri
2.                  Manajemen produksi   : fakhirah umar
3.                  Manajer pemasaran      : nova aprilia
4.                  Manajer operasioanal   : sahrul
5.                  Manajer keuangan        : ade nur fajraeni

2. Perencanaan bisnis

1. Analisis pasar
Kaum hawa mempunyai daya tarik sangat tinggi terhadap hal hal yang berhubungan dengan penampilan, dengan adanya orang orang yang komsumtif berarti keuntungan. Keuntungan bagi usaha produksi. Toko gazelle ini berada didaerah perkotaan sehingga Pelanggan akan dengan muda mengakses karna berdiri di pinggir jalan raya.
2. Pengembangan produk
Rok panjang memang telah banyak di jumpai di berbagi pusat perbelajaan, namun kami memberikan motif yang berbeda dan lebih elegan. Rok panjang ini akan menambah keanggunan karna dapat di gunakan baik acara formal maupun non formal. Serta kami akan memberikan model yang tentunya beda dengan took yang lain.
3. Penetapan harga
Harga yang kami tawarkan disini sesuai dengan sasaran kami yaitu para wanita yang lebih menyukai barang yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga yang cukup terjangkau. Harga kami sesuaikan dengan bahan yang di gunakan karna kami memiliki beberapa produk rok panjang yang berbeda jenis bahannya.

4. Pengembangan wilayah pemasaran
Area pemasaran kami yaitu di tempat yang muda di jangkau oleh pelanggan seperti di area kampus universitas muhammadiyah makassar yang memiliki banyak mahasiswi yang menggunkan rok panjang ketika ke kampus selain itu kampus unismuh juga berada di area jalan poros sehingga kami memasarkannya disekitaran tsb karna ramai dan cukup strategis.
3.Saluran distribusi
1.Sasaran dan Target Pasar
1.                  Sasaran kami adalah terfokus pada kaum hawa, untuk itu kami memulai promosi dari daerah sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif .
2.                  kami melakukan  promosi di berbagai media social, seperti facebook, twitter, dan instagram. Hal ini kami maksudkan untuk memberi kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.

2.Strategi Pemasaran

Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen kami menyusun strategi pemasaran sebagai berikut:
1.      Membuat dan membuka stand
2.      Menyebarkan Pamflet
3.      Mengiklankan di Dunia maya
3.     Target yang di pasarkan
Sasaran produk kami berfokus pada wanita karna kami memproduksi rok yaitu
v Wanita dewasa ( ibu rumah tangga)
v Remaja ( mahasiswa, anak SMA dan SMP)
v Anak anak ( SD)
4.     Promosi
        Untuk meningkatkan pemasaran kami :
1.      kami juga menyewa toko/ruko sbagai tempat untuk memasarkan rok yang kami produksi.
2.      Melakukan promosi melalui orang orang terdekat
3.      Melakukan promosi di media sosial.

4  Analisis usaha
   1.Produk/jasa yang dihasilkan
1.   Keistimewaan rok yang ada di gazelle ini adalah:
2.   Bahan dari kain yang halus dan nyaman
3.   Harga relative terjangkau oleh semua kalangan
4.   Menyediakan berbagai jenis dan motif
     2.Jenis rok yang di produksi di Gazelle yaitu:
v   Maxi skirt
v   Plisket skirt
v   Fishtail skirt
v   Broomstick skirt

     3.Kapasitas Produksi

           Kapasitas maksimal produksi kami seminggu adalah sekitar 30 lembar rok.



5.Fasilitas dan Perlengkapan

Dalam proses produksi fasilitas dan perlengkapan yang kami butuhkan adalah
v  perlengkapan
1.      mesin jahit
2.       meteran
3.      Pensil
4.      Kain
5.      Benang
6.      Jarum jahit
7.      Gunting
6.Rincian modal usaha
v  Bahan baku
1.               Kain                             Rp.   420.000
2.               Benang                        Rp.     33. 000
3.               Label brand                 Rp.  144. 000
4.               Packecing                    RP.   120. 000
Total biaya                             Rp.   717.000
v  Alat
1.               Meteran                      Rp.      8.500
2.               Pensil                         Rp.      1.200
3.               Mesin jahit                 Rp.1.455.000
Total biaya                           Rp.1.464.000     
Total keseluruhan modal   :  Rp.     2.541.700     

7.Penetapan Harga rok
v  Kain                     35.000
v  Pekejing                 5.000
v  Label                      4.000
v  Total                     44.000
       44.000 * 50% : 22.000
=  Jadi harga perbuah 44.000+22.000 =66.000
=   Keuntungan  66.000-22.000 = 22.000













Komentar

Postingan populer dari blog ini

MAKALAH TENTANG HAK DAN KEWAJIABAN WARGA NEGARA

MAKALAH SUMBER DAYA MANUSIA II Rekrutmen dan seleksi

MAKALAH TENTANG REVOLUSI INDUSTRI 4.0