MEMBUAT PLAN USAHA BISNIS
MEMBUAT PLAN USAHA BISNIS
KELOMPOK
2
MANAJEMEN6’2016
SUCI
ANNISA PUTRI (105721120216)
FAKHIRAH
UMAR (105721121116)
NOVA APRILIA (105721122016)
SAHRUL (105721122916)
ADE NUR FAJRANI (105721123816)
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
PRODI
MANAJEMEN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH MAKASSAR
2017/2018
1. Deskripsi Perusahaan
nama perusahaan yaitu Gazelle
Dalam
planning bisnis ini kami bergerak didunia fasion, nama perusahaan kami gazelle
dimana perusahaan kami memproduksi long skirts(rok panjang) dengan desain yang
unik dan kekinian.
A. Latar
belakang
Yang
melatar belakangi sehingga kami mendirikan perusahaan ini karna melihat pada
masa sekarang tren fasion kalangan remaja maupun oang dewasa makin unik dan
beragam,maka kami memanfaatkan keadaan ini dengan membuat sebuah usaha long
skirts ( rok panjang) yang merupakan salah satu fasion feminime bagi wanita
muslima baik anak muda maupun wanita dewasa,banyak wanita yang sadar akan
penggunaan hijab membuat pertumbuan dan permintaan model rok panjang banyak
diminati masyarakat.selain nyaman dan tidak pernah ketinggalan mode. model rok
panjang mengangkat penampilan orang yang memakainya, mereka terlihat elegan dan
cantik disetiap suasana karna modelnya yang simple dan cocok untuk digunakan
baik acara formal maupun non formal, dengan model yang beragam mulai dari rok
panjang jeans , rok panjang ciffon ,rok panjang dari kain satin sampai rok
panjang dari batik mulai popular saat ini.
Maka
dari itu kami merasa bahwa usaha rok panjang ini merupakan salah satu jenis
usaha yang cukup menjanjikan karna dilihat dari perkembangan dan permintaan
pasar rok panjang merupakan salah satu pakaian yang cukup digilai pada saat
sekarang dengan model yang beraneka macam serta motif yang unik dan modis
sehingga masyarakat cukup meminati rok panjang.
B.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi
bisnis rok panjang yang berkualitas dan menjadi pilihan setiap pelanggan, serta
menjamin pelayanan terbaik dan memuaskan kepada pelanggan, menawarkan barang
berkualitas, harga terjangkau dan
keamanan. Dan yang terpenting adalah kejujuran dan kesopanan dari server kami
terhadap anda.
Misi
1.
Menjadi perusahaan yang disukai oleh
kalangan masyarakat.
2.
Kejujuran adalah hal terpenting dan
wajib kami jalankan terhadap setiap pelanggan.
3.
Terus mengalami perkembangan ke arah yang
menguntungkan serta mengembangkan sistem produksi ke arah yang lebih baik lagi
lewat inovasi dan kualitas kerja kami.
C. Ruang
lingkup usaha
Ruang
lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha pemula, tapi usaha ini sangat
menjanjikan karena GAZELLE mempunyai rok berbagai jenis dan motif yang unik dan
trendi. Sehingga rok ini memiliki peranan yang cukup penting dalam model
fasion. rok sendiri merupakan daftar pencarian bagi kaum hawa,rok memiliki daya
tarik dan kemodisan seseorang dalam berbusana disemua kalangan hawa.
D. Tujuan
Usaha
Adapun
tujuan usaha kami :
1. Menerapkan
kemampuan berwirausaha
2. Agar
usaha dikenal dan diminati orang lain
3. Memunculkan
bakat untuk berbisnis
4. Mendapat
keuntungan.
E. Struktur
organisasi
Usaha
ini dijalankan bersama team gazelle, sbagai berikut
1.
ketua : suci nur annisa putri
2.
Manajemen produksi : fakhirah umar
3.
Manajer pemasaran : nova aprilia
4.
Manajer operasioanal : sahrul
5.
Manajer keuangan : ade nur fajraeni
2.
Perencanaan bisnis
1.
Analisis pasar
Kaum
hawa mempunyai daya tarik sangat tinggi terhadap hal hal yang berhubungan dengan
penampilan, dengan adanya orang orang yang komsumtif berarti keuntungan. Keuntungan
bagi usaha produksi. Toko gazelle ini berada didaerah perkotaan sehingga Pelanggan
akan dengan muda mengakses karna berdiri di pinggir jalan raya.
2.
Pengembangan produk
Rok
panjang memang telah banyak di jumpai di berbagi pusat perbelajaan, namun kami
memberikan motif yang berbeda dan lebih elegan. Rok panjang ini akan menambah
keanggunan karna dapat di gunakan baik acara formal maupun non formal. Serta kami
akan memberikan model yang tentunya beda dengan took yang lain.
3.
Penetapan harga
Harga
yang kami tawarkan disini sesuai dengan sasaran kami yaitu para wanita yang lebih
menyukai barang yang berkualitas tinggi tetapi dengan harga yang cukup
terjangkau. Harga kami sesuaikan dengan bahan yang di gunakan karna kami
memiliki beberapa produk rok panjang yang berbeda jenis bahannya.
4.
Pengembangan wilayah pemasaran
Area
pemasaran kami yaitu di tempat yang muda di jangkau oleh pelanggan seperti di
area kampus universitas muhammadiyah makassar yang memiliki banyak mahasiswi
yang menggunkan rok panjang ketika ke kampus selain itu kampus unismuh juga
berada di area jalan poros sehingga kami memasarkannya disekitaran tsb karna
ramai dan cukup strategis.
3.Saluran distribusi
1.Sasaran dan Target Pasar
1.
Sasaran
kami adalah terfokus pada kaum
hawa, untuk itu kami memulai promosi dari daerah
sekitar tempat tinggal kami serta melakukan promosi pada rekan mahasiswa di
kampus, karena kami menganggap promosi akan lebih efektif .
2.
kami melakukan promosi
di berbagai media social, seperti facebook, twitter, dan instagram. Hal ini kami maksudkan untuk memberi
kemudahan dalam pemesanan dan pembelian produk kami.
2.Strategi Pemasaran
Dalam mengusahakan agar produk sampai ke tangan konsumen kami
menyusun strategi pemasaran sebagai berikut:
1.
Membuat dan membuka stand
2.
Menyebarkan Pamflet
3.
Mengiklankan di Dunia maya
3. Target yang di pasarkan
Sasaran
produk kami berfokus pada wanita karna kami memproduksi rok yaitu
v
Wanita dewasa ( ibu rumah tangga)
v
Remaja ( mahasiswa, anak SMA dan SMP)
v
Anak anak ( SD)
4. Promosi
Untuk meningkatkan pemasaran kami :
1.
kami juga menyewa toko/ruko sbagai tempat untuk
memasarkan rok yang kami produksi.
2.
Melakukan promosi melalui orang orang terdekat
3.
Melakukan promosi di media sosial.
4 Analisis usaha
1.Produk/jasa yang dihasilkan
1.
Keistimewaan rok yang ada di gazelle ini adalah:
2.
Bahan dari kain yang halus dan nyaman
3.
Harga relative terjangkau oleh semua kalangan
4.
Menyediakan berbagai jenis dan motif
2.Jenis rok yang di produksi di Gazelle
yaitu:
v
Maxi skirt
v
Plisket skirt
v
Fishtail skirt
v
Broomstick skirt
3.Kapasitas Produksi
Kapasitas maksimal produksi kami seminggu
adalah sekitar 30 lembar rok.
5.Fasilitas dan Perlengkapan
Dalam
proses produksi fasilitas dan perlengkapan yang kami butuhkan adalah
v
perlengkapan
1.
mesin jahit
2.
meteran
3.
Pensil
4.
Kain
5.
Benang
6.
Jarum jahit
7.
Gunting
6.Rincian modal usaha
v
Bahan baku
1.
Kain Rp.
420.000
2.
Benang Rp. 33. 000
3.
Label brand Rp. 144. 000
4.
Packecing RP. 120. 000
Total
biaya Rp.
717.000
v
Alat
1.
Meteran
Rp.
8.500
2.
Pensil Rp.
1.200
3.
Mesin jahit Rp.1.455.000
Total
biaya
Rp.1.464.000
Total
keseluruhan modal : Rp.
2.541.700
7.Penetapan
Harga rok
v Kain 35.000
v Pekejing 5.000
v Label 4.000
v Total 44.000
44.000 * 50% : 22.000
= Jadi harga perbuah 44.000+22.000 =66.000
= Keuntungan 66.000-22.000 = 22.000
Komentar
Posting Komentar